tempat piknik asyik mengesankan

Pantai Depok, Nuansa Wisata Kuliner Pantai

Pantai DepokGaes… Pantai yang biasa digunakan sebagai tempat wisata yang asyik, selain itu pantai adalah sebagai tempat dimulainya suatu mata pencaharian seseorang. Iya Gaes, nelayan. Nelayan sebagai sekelompok masyarakat umumnya masyarakat sekitar pantai tersebut ya Gaes. Karena berkat para nelayan lah, kita dapat menikmati aneka makanan dari hewan-hewan laut.
 
Okey Gaes. Ke topik, Pantai yang satu ini diantaranya adalah Pantai Depok. Pantai Depok ini terletak di Kabupaten Bantul, provinsi DIY, sekitar 30 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Pantai ini juga berdampingan dengan pantai lain, seperti Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo.

Pantai Depok menyajikan pemandangan yang indah. Di sini secara fasilitas sudah disediakan cukup baik, dari keselamatan pungunjung pantai hingga kuliner-kuliner khas pesisir pantai ini. 



Pantai Depok sangat cocok disebut juga sebagai tempat wisata kuliner di pantai. Bagaimana tidak Gaes, kan karena disini juga sebagai tempat nelayan juga.Maka dari itu, banyak sekali kuliner-kuliner yang muncul.
Di restautant-restaurant juga warung-warung makan pesisir pantai ini, banyak diantaranya menyajikan hidangan-hidangan hasil tangkapan ikan laut segar. Dibarengi nuansa khas keindahan pantai, atau disini juga biasa disebut panorama gumuk pasir yang katanya, bahkan satu-satunya di Asia Tenggara. Sehingga dapat dikatakan sebagai tempat wisata pantai pusat wisata kuliner untuk menikmati sea-food.

Gumuk Pasir yang terdapat di sekitar Pantai Depok, konon sudah terbentuk selama ribuan tahun. Dulu Gaes, ada berbagai tipe yang terbentuk, antara lain Barchan Dune, Comb Dune, Parabolic Dune, dan Longitudinal Dune. Tapi sekarang hanya tersisa, Barchan Dune dan Longitudinal Dun. Angin laut dan bukit terjal di sebelah timur menerbangkan pasir hasil aktivitas Gunung Merapi yang terendap di dekat sungai menuju daratan, dan kemudian membentuk bukit pasir atau gumuk.

Beragam hidangan khas sea-food bisa di cicipi Gaes. Yang paling popular juga murah Gaes adalah ikan cakalang. Dan jenis ikan lain adalah kakap putih dan kakap merah, hingga jenis ikan yang harganya cukup mahal yaitu ikan Bawal. Juga aneka jenis hidangan lain, dari kepiting, udang hingga cumi-cumi. Pasti asyik Gaes :)

Hidangan sea-food biasanya dimasak dengan cara dibakar atau digoreng. Jika ingin memesannya, bisa juga menuju tempat pelelangan ikan yang ada di sekitar pantai ini Gaes untuk memesan ikan atau tangkapan laut yang lain. Setelah itu, biasanya akan diantar menuju salah satu warung makan.

Pantai Depok sebagai tempat wisata pantai sekaligus wisata kuliner yang pasti asyik dan seru ya Gaes. Jadi tidak ada salahnya menjadi destinasi wisata. :)
0 Komentar untuk "Pantai Depok, Nuansa Wisata Kuliner Pantai"

Back To Top