tempat piknik asyik mengesankan

Pantai Ngobaran Yogyakarta, Pesona Tiada Tara

Pantai Ngobaran Yogyakarta Haii Gaes… Ini Gaes, tempat wisata pantai yang cukup eksotik, iya Pantai Ngobaran. Dibilang eksotis karena keindahan yang belum tentu ada di pantai daerah lain. Coba tebak apa Gaes ? ok ok, simak ya Gaes.



Pantai Ngobaran adalah salah satu pantai yang indah dengan pesona nya. Pesona batuan karang-karang dengan pesona alga/rumput laut yang berwarna hijau atau coklat di sela selanya. Keindahan itu akan sangat terlihat di saat air laut sedang surut. Apalagi jika bisa dilihat dari atas, akan terlihat seperti persawahan malah Gaes, dan itu unik. Selain itu, di sela-sela batuan karang juga terdapat banyak jenis binatang karang laut, seperti landak laut, bintang laut, hingga segala kerang-kerangan.

Maka dari itu, warga setempat banyak yang memiliki profesi sebagai pencari rumput laut maupun binatang-binatang karang. Terutama dilakukan pada saat pagi dan air sedang surut. Dan lumayan sebagai pemenuh kebutuhan hidup. 

Sedangkan kalau sore, biasanya warga mencari landak laut yang dijadikan sebagai menu makan malam. Biasanya memasak dengan diberi bumbu garam dan cabe yang kemudian digoreng. Yang menurut warga, rasanya lezat dan terasa kenyal.

Hal lain yang istimewa dari pantai ini Gaes, pesona budayanya. Banyak disini budaya yang dituangkan dalam bentuk mulai dari bangunan tempat tinggal hingga makanan penduduk sekitar Gaes

Salah bangunan yang terlihat seperti tempat ibadah semacam pura dengan patung-patung dewa berwarna putih, yang dibangun tahun 2003. Dimaksudkan untuk memperingati tentang kehadiran Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit di Ngobaran. Orang yang beribadah di tempat ini adalah penganut kepercayaan Kejawan. Apa itu Kejawan Gaes ? Nama itu sebenarnya adalah nama dari salah satu putra Brawijaya V, yaitu Bondhan Kejawan. Dan kemudian menunjuk salah seorang warga sebagai penjaga di tempat ini Gaes.

Sekitar daerah tersebut juga terdapat pula pura untuk peribadatan umat Hindu. Dan sebelah yang lain, terdapat sebuah masjid cukup sederhana. Dengan segala keunikan tentang hal tersebut, dapat dikatakan bahwa di Pantai Ngobaran ini perbedaan agama antara warga sangat saling menghormati dan serasi dengan alam sekitar.

Pantai Ngobaran, sangat baik jika dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata pantai yang unik. Pantai ini terletak di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ya Gaes. Enjoy holiday Gaes !!
0 Komentar untuk "Pantai Ngobaran Yogyakarta, Pesona Tiada Tara"

Back To Top