tempat piknik asyik mengesankan

Candi Plaosan, Di Klaten dengan Seni Hebat

Candi Plaosan merupakan candi yang terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Dengan kira-kira 1,5 km kearah timur dari Candi Sewu. Candi Plaosan merupakan sebuah kompleks bangunan kuno yang di badi menjadi 2, yaitu kompleks Candi Plaosan Lor (sebelah utara) dan kompleks Candi Plaosan Kidul (sebelah selatan).Pahatan yang terukir di candi ini sangat halus dan rinci, mirip dengan Candi Borobudur, Candi Sewu, dan Candi Sari

Diperkirakan oleh para ahli bahwa candi ini dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Hindu, pada awal abad ke-9 M. 

Salah satu pakar yang mendukung pendapat itu adalah De Casparis yang berpegang pada isi Prasasti Cri Kahulunan (842 M). Di dalam prasasti tersebut, dapat dinyatakan bahwa Candi Plaosan Lor dibangun oleh Ratu Sri Kahulanan, yang mendapat dukungan suaminya. Menurut De Casparis, Sri Kahulunan adalah gelar Pramodhawardani, putri Raja Samarattungga dari Wangsa Syailendra. Sang Putri, yang memeluk agama Buddha, menikah dengan Rakai Pikatan dari Wangsa Sanjaya, yang memeluk agama Hindu.

Namun ada pendapat lain mengenai pembangunan Candi Plaosan ini adalah bahwa candi ini telah dibangun sebelum masa pemerintahan Rakai Pikatan. Pendapat Anggraeni, menurutnya yang dimaksud Sri Kahulunan adalah ibu dari Rakai Garung, yang memerintah sebelum pemerintahan Rakai Pikatan. Menurutnya, masa pemerintahan Rakai Pikatan terlalu singkat untuk dapat membangun candi sebesar Candi Plaosan ini. Rakai Pikatan hanya membangun candi perwara, yaitu setelah masa pembangunan candi utamanya.


Candi Plaosan Lor

Candi Plaosan Lor (utara), merupakan sebuah kompleks percandian yang luas. Di depan kompleks Plaosan Lor, terdapat 2 pasang arca Dwarapala yang saling berhadapan, yaitu sepasang terletak di pintu masuk utara dan sepasang di pintu masuk selatan. Masing-masing arca setinggi manusia ini berada dalam posisi duduk di atas kaki kanannya yang terlipat dengan kaki kiri ditekuk di depan tubuh. Tangan kanannya memegang gada, sedangkan tangan kiri tertumpang di atas lutut kiri.

Di pelataran utara terdapat teras batu berbentuk persegi yang dikelilingi oleh deretan umpak batu. Diduga teras batu tersebut merupakan tempat meletakkan sesajian. Konon di atas teras tersebut tadinya terdapat bangunan dari kayu, sedangkan di atas masing-masing umpak tadinya terdapat sebuah arca Dhyani Budha.

Candi Palosan Kidul
 
Candi Plaosan Kidul (selatan) terletak di sebelah selatan Candi Plaosan Lor, terpisah oleh jalan raya. Bila di kompleks Plaosan Lor kedua candi utamanya masih berdiri dengan megah, di kompleks Candi Plaosan Kidul candi utamanya sudah tinggal reruntuhan. Yang masih berdiri hanyalah beberapa candi perwara.

Jadi bahwa Candi Plaosan yang terbagi menjadi 2 ini yaitu, Candi Plaosan Lor keadaannya masih tertata dan utuh jika dibandingkan Candi Plaosan Kidul yang sudah runtuh.

0 Komentar untuk "Candi Plaosan, Di Klaten dengan Seni Hebat"

Back To Top